Senin, 30 Desember 2013

Menggapai Matahari di 2958 mdpl

Hi Guys, Sobat Penggiat..

Salam Rimba...!!!!

Udah lama nih kita ga ketemu, udah cukup lama juga nih ane ga napakin kaki saya di dataran - dataran tertinggi di bumi, dan udah kangen banget nih pengen sharing - sharing dan ngeracunin temen - temen sama cerita seru dari Negeri di atas awan, hehehehe.....
Pokonya selamat keracunan dengan cerita dan gambar  gambar yang ga bisa bikin mata kedip :D

Gini nih ceritanya..

Waktu itu sekitar 6 Bulan yang lalu ane sama temen - temen ane dari Solidaritas Sosial Mahasiswa ( SOSMA ) lagi mumet banget nih, terus lagi bosen sama kerjaan - kerjaan plus deadline - deadline yang udah ngehantuin selama beberapa lama.

Abis mumet-mumetan, kayanya akan tetep mumet kalo mumetnya terus dibikin mumet, hahaha, dan temen ane akhirnya bikin rencana buat naek ke si cantik Gunung gede. Ini rencana sebenernya ga bener - bener direncanain alias dadakan, tapi yaudah deh gapapa, emang niatnya ngilangin mumet kan, hahahaha :P

Perjalanan dimulai Jum'at dini Hari alias udah masuk Sabtu Pagi, 13 April 2013

Jam 01.00

Ane sama temen - temen jalan dari Sekretariat SOSMA alias Sarang Elang tercinta, yang berlokasi di Kampus STP SAHID Pondok cabe. Motor jadi kendaraan perangnya kita, setelah prepare semua barang - barang Carriel, Nesting, Jacket, Sepatu tracking, dan baran - barang lainnnya, jam 01.46 ane mulai jalan. Kita meluncur ke Cibodas, Selama perjalanan suasana ngantuk dan capek nempel semua dibadan ane, karena sebelum jalan, ane sama temen - temen lagi abis jualan, ngumpulin dana buat next project nya SOSMA, ngebuat Tempat wisata + Desa Binaan, di kawasaan Wisata Curug Pangeran, Gunung Bunder, Bogor Jawa Barat.

O ya balik lagi nih ke perjalanan, sampe lupa, hehehe, nih ane kenalin anggota ane yang berangkat itu ada ane sendiri, taerus ada Bang Jajang "Baber" Wahyudin, Oky "Oncom" Sulistyo, Hendri Juslim "Rimba" sama 1 orang perempuan yaitu Ayu.
Pas perjalananan, Ane dibonceng si baber, Bang rimba sama ayu, si Oncom sendiri.
Perjalanan tuh kayanya jauuuh banget, mugkin karena udah lama ga kesana kali yaa, maklum orang sibuk, hahaha...
Nah udara dingin udah mulai berasa begitu kita masuk ke daerah Cibodas, jaket tebel aja bisa tembus, pilek mendadak deh tuh...

Jam 04.18

Kita udah sampe di Pintu Masuk TNGGP, karena masih pagi banget, dan emang waktu itu bener" dingin akhirnya kita mutusin buat istirahat dulu di Sekretariat MONTANA, lebih tepatnya di teras sekretariat Montana, karena kan masih pagi, jadi belom buka, dan orang-orang nya masih pada tidur, Misi ya bang kita numpang-numpang tidur, hahaha :D, Selamat Pagi dunia dan Selamat tidur buat ane, zzzz.....

Jam 06.00

ada orang yang bangun dari dalem Sekre Montana yang akhirnya ngebangunin kita, dengan mata yang masih pedes dan badan yang sedikit kaku, rasanya mager banget tuh buat bangun, tapi gapapa abis bangun itu, kita langsung pindah ke dalem, lumayan ada anget"nya :P LANJUT TIDUUUR..!!! ZZZZZ.....

Jam 08.37

Ane bangun, ternyata matahari udah masuk ke sekre montana, ane langsung ke kamar mandi buat cuci muka sama sikat gigi, abis itu ane sama Bang Rimba, langsung ke kantor PPLH untuk pengurusan SIMAKSI, balik dari situ langsung diajak sarapan bareng sama temen" MONTANA, kira" sekitar jam 10 ane dan tim langsung siap" buat naek...

Jam 10.20

Tim udah siap semua, langsung kita semua kumpul untuk baca do'a sebelum jalan, agar diberi keselamatan selalu dan kekuatan, setelah semua persiapan dilakukan dan pamitan sama temen" MONTANA, jam 10. 30 Ane mulai jalan ke atas. Jalan setapak-setapak mulai dilalui, yaa rasanya udah lama banget dan kangen sama suasana kaya gitu, kanan kiri cuma bisa liat pohon-pohon hijau, dengar suara binatang-binatang, udara dingin, dan yang pasti rasa lelah karena jalanan yang nanjak, ane sempet ambil foto dulu nih, waktu lewatin jembatan sebelum Pos Panyancangan..

Jam 11.40

Akhirnya ane dan tim sampe di Pos Panyancangan, huft, lumayan buat bikin keringetan, ane akhirnya mutusin buat istirahat sebentar sambil ngeluarin nasi bungkus yang udah dibeli bro Baber sebelum naek tadi, kami pun makan siang dulu..

Jam 12.30

Lanjutin perjalanan menuju Pos Air Panas, mungkin karena udah lama gak kesitu, makanaya berasa Jauuh banget tuh kandang batu, ditengah jalan kami dihajar ujan yang intensitasnya Sedang, kami tdak perlu stay, dan tetap berjalan. Langkah kaki yang ringan, sudah mulai terasa berat, nafas mulai tersa putus-putus, keringat bercucuran, yaa begitulah selama perjalanan, dibarengi dengan istirahat sejenak, kami mengatur dan mengumpulkan energi lagi agar bisa melanjutkan perjalanan. Nah Seperti biasa, ambil gambar dulu pas udah mau sampe Pos, hehehe... ane sama temen" kira" sampe Pos Air Panas itu jam 14.05, kondisi lapangan pada saat itu masih diguyur hujan intensitas sedang..

Jam 16.30

Pos Kandang Batu jadi Pos terakhir kami pada hari itu, dan karena hari sudah sore, sudah saatnya kami STOP Perjalanan, dan harus membuka tenda untuk beristirahat, mengumpulkan energi kembali untuk Summit Attack Dini Hari Nanti. Karena sehabis di guyur hujan, maka suasana di sekitar area Kandang Batu menjadi amat dingin, setelah buka tenda, kami cuma masak indomie, ngopi", terus langsung tidur...

Minggu 14 April 2013, Jam 01.20

Ane dibangunin sama Bang Rimba, buat siap-siap Summit Attack, sebelumnya kami siapin energi dulu, makan indomie, roti, dan minum kopi serta susu. Setelah makan, kami langsung packing dan bawa perlengkapan serta logistik secukupnya untuk dibawa ke puncak, tapi sayangnya dari kami berlima hanya 3 orng yang bisa melanjutkan perjalanan, dikarenakan rekan kami Ayu, sudah tidak kuat lagi dan memutuskan untuk menunggu di tenda bersama dengan Bang Rimba.

Jam 02.33

Akhirnya Ane, Baber, dan Oncom, berdo'a dan mulai lanjutin perjalanan. Udara sangat tipis pagi hari itu dan pandangan pun agak kabur karena tertutup Kabut yang turun, Head lamp yang kai pakai tidak cukup jauh untuk menyinari jalanan. Kami harus berhati-hati dan tetap fokus. Udara yang dingin membuat kami harus terus bergerak, jangan sampai berhenti terlalu lama, karena yang paling berbahaya dari udara yang terlalu dingin tersebut ialah hypotermia. ga terasa udah hampir jam 04.00

Jam 04.05

Kami tiba di suatu tanjakan yang memiliki kemiringan kurang lebih 75 derajat, yaitu tanjakan yang sudah dikenal oleh seantero Pendaki, "TANJAKAN SETAN", yaa itulah nama yang diberikan para pendaki, tanjakan ini merupakan track terakhir untuk menuju Puncak Gede, tanjakan ini sangat Curam, dan untuk mencapai ke atas, harus menggunakan Tali webbing, untuk temen" yang baru ingin datang kesana, tidak perlu khawatir, karena webbing sudah dipasang oleh pihak TNGGP.

Kira-kira tinggal 1 jam 45 menit lagi kami tiba di Puncak Gede, memang tidak dapat dipungkiri bahwa track tanjakan setan ini merupakan track yang paling sulit dari semua track yang ada di Jalur Ciodas, rata-rata dari kami hanya sanggup 10 langkah paling banyak 20 langkah, lalu berhenti sejenak, dan kemblai berjalan, begitu seterusnya..

Jam 05.50

Kami tiba di Puncak Gede, kami langsung disambut, Sunrise yang begitu menawan, awan-awan yang tesenyum indah kepada kami, dan yang pasti kawah Gunung Gede, yang menjadi Khas Puncak tercantik di Jawa Barat Tersebut. Syukur Alhamdulillah kami ucapkan, karena kami berhasil sampai di Puncak 2958 Mdpl, kami langsung mengibarkan Bendera kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia, Dwi Warna Sang Panji, Merah Putih, dan tak lupa dibawahnya kami iktkan pula, bendera kebanggaan kami, kebanggaan STP SAHID, yatu The One and Only, The Orange Flag, SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA STP SAHID. Kami tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut

Setelah selesai mengabadikan momen indah tersebut, kami mempersiapkan diri untuk turun, tapi sebelumnya kami mengeluarkan peralatan masak kami, untuk memasak sedikit logistik yang kami bawa untuk mengembalikan energi kami, sambil duduk bersantai menikmati Panorama luar biasa yang dimiliki Indonesia.

Jam 07.00

Kami turun dari Puncak menuju ke Pos Kandang Batu, disana kedua rekan kami sedang tertidur lelap, kami membangunkan mereka dan berkata untuk segera bersiap-siap untuk turun, kami langsung merapihkan alat" yang sudah kami pakai, dan mempacking ulang carrier kami, dan melakukan opsih.

Jam 09.20

Kami berdo'a kembali untuk perjalanan pulang kami menuju Pos MONTANA, dan untuk yang terakhir sebelum meninggalkan kandang batu, rasa terimakasih kami panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan YME, atas segala kekuatan dan kesabaran yang diberikan, dan yang pasti juga kami berterima kasih kepada Alam, yang sudah dengan indahnya memberikan pelajaran berharga kepada kami.

Demikian Catatan Perjalanan kami, di Gunung Gede selama 3 Hari, semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari perjalanan tersebut. Sebelumnya ada sebuah pesan bahwa, Negeri ini kaya akan wisata alam yang menakjubkan, yang tidak semua mata bisa merasakannya. Negeri ini butuh pemikiran-pemikiran kreatif untuk mengeksplorasi wisata Indonesia agara bisa sampai ke Mata Dunia.